Rahasia terbesar dalam hidup adalah: Melewati hari ini dengan penuh makna. Makna cinta, makna ilmu, dan makna iman. Dengan cinta, hidup akan terasa lebih indah. Dengan ilmu, hidup akan terasa lebih mudah. Dan dengan iman, hidup akan lebih terarah.

Minggu, 24 Oktober 2010

Makna Hidup


..ketika kita bisa membaca dan belajar dari setiap peristiwa hidup yang menimpa diri sendiri, maka itu adalah suatu anugerah terindah. Dan ketika kita bisa menyikapi serta memaknai peristiwa yang menimpa kehidupan orang lain, maka itu adalah suatu keuntungan besar.. 


..ketahuilah, sesungguhanya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan senda gurauan, perhiasan dan saling berbangga di antara kamu serta berlomba dalam kekayaan dan anak keturunan, seperti hujan yang tanam – tanamannya mengagumkan para petani; kemudian ( tanaman ) itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia tidak lain hanyalah kesenangan yang palsu..


..dambaan setiap insan yang hidup di dunia ini adalah mendapatkan kebahagiaan. Semua kegiatan dan usaha yang dilakukan pada siang berganti malam dan malam berganti siang untuk mengejar cita-cita agar hidup bahagia. Bagi mereka yang belum kuat imannya wajar bila terganjal kerikil tajam atau tergelincir dari rel yang telah digariskan oleh ajaran Islam dan undang-undang yang berlaku di negeri ini..




..bila ini terjadi berarti belum semua manusia sadar makna penting hidup yang sebenarnya. Mereka hidup hanya untuk hidup bahkan terkadang hanya pemuasan nafsu belaka. Padahal hidup hanya dengan nafsu inilah yang mememunculkan banyak persoalan..




..dengan mendorong setiap manusia memiliki makna hidup yang imani berarti akan mengurangi krisis makna hidup manusia yang merupakan krisis paling berbahaya dari pelbagai krisis yang sering melanda negeri kita. Mendorong manusia sadar akan makna hidupnya berarti mendorong semangat religius yang lebih menohok pada aspek imaninya..


..kegairahan beragama saat ini memang tampak membanggakan. Akan tetapi keberagamaan yang marak tidak boleh berhenti pada sisi formalisme keberagaman, karena itu baru sebatas kulit. Masih perlu dan terus menuju pada religiusitas atu keimanan yang benar-benar sempurna..


..artinya keimanan yang sempurna itu ditandai dengan amal saleh seperti akhlakul karimah, berjiwa kasih sayang antar sesama, jujur dalam perkataan dan perbuatan serta tidak pernah berkata yang menyinggung atau menyakitkan orang lain..

Edited by : Dido Irawan
 Copied from : Sripoku.com

ShoutMix chat widget
IP